Profil Manuel Neuer Penjaga Gawang Dengan Segudang Prestasi

Siapa yang tidak kenal dengan Neuer? Pemain sepak bola ini adalah salah satu kiper terbaik sepanjang sejarah. Pemain dengan nama lengkap Manuel Peter Neuer ini lahir pada 27 Maret 1986 di Gelsenkirchen, Jerman Barat. Profil Manuel Neuer dipenuhi dengan segudang prestasi yang Ia raih bersama tim maupun individu. Meski begitu, karir sepak bola Neuer tidak ada dengan begitu saja. Untuk lebih jelasnya, simak pembahasan berikut ini.

Karir Sepak Bola Manuel Neuer

Sebelumnya, Neuer adalah anak dari pasangan suami istri bernama Peter dan Marita Neuer. Ia juga memiliki adik laki-laki yang sama seperti dirinya, menyukai sepak bola. Neuer kecil adalah anak laki-laki yang sangat suka menghabiskan waktunya hanya untuk bermain sepak bola. Ia dan adiknya bermain bola hingga berjam-jam di dekat rumah mereka. 

Bahkan, hingga dewasa pun mereka berdua terbukti memilih sepak bola sebagai karir. Berbeda dengan sang adik, Neuer memilih menjadi seorang penjaga gawang sedangkan sang adik memilih menjadi wasit di Verbandsliga, liga menengah Jerman.

Karir sepak bolanya dimulai dengan mengikuti akademi Schalke. Debut pertamanya bermain di lapangan hijau adalah saat berumur 5 tahun. Kala itu Ia bermain untuk tim muda Schalke pada 1991 sebagai kiper. Menariknya, meski usianya masih muda, pada debutnya Ia langsung menampilkan permainan yang luar biasa. Ia dianggap memiliki potensi yang besar untuk berkontribusi terhadap tim Jerman di masa yang akan datang.

Direkrut Klub Schalke 04 Senior

Setelah beberapa tahun bermain bersama tim muda Schalke. Rupanya profil Manuel Neuer terus diperhatikan oleh klub-klub besar, khususnya klub Schalke senior itu sendiri. Tak heran, pada tahun 2005 Ia menandatangani kontrak profesionalnya bersama Schalke 04 senior. Namun, kala itu posisi kiper utama Schalke 04 masih dipegang oleh Frank Rost sehingga Ia lebih sering berada dibangku cadangan.

19 Agustus 2006 menjadi awal baginya debut bersama tim. Kala itu Ia masuk sebagai pemain pengganti melawan Alemannia Aachen. Meskipun usianya masih 20 tahun, Neuer berhasil membuktikan kualitasnya sebagai kiper setelah mendapat kesempatan bermain sebanyak 27 kali pada musim 2006-2007. Kesempatan bermain sebanyak itu Ia raih setelah kiper utama Frank Rost mengalami cedera.

Momen berharga yang Didapatkan bersama Schalke adalah untuk pertama kalinya Ia bermain dalam kompetisi besar Liga Champions. Bahkan, Ia pernah menjadi penentu bagi timnya melaju ke babak selanjutnya pada fase gugur melawan FC Porto. Kala itu timnya bermain imbang hingga adu penalti tidak bisa dihindarkan. 

Pada adu penalti, Neuer berhasil membuat penyelamatan gemilang yang membuat timnya berhak maju ke babak selanjutnya. Hal tersebut membuat kepercayaan tim terhadap dirinya terus meningkat.

Berlabuh Menuju Bayern Munchen

Sebelumnya, bersama Schalke 04, Neuer menjadi satu-satunya perwakilan Bundesliga yang masuk nominasi kiper terbaik versi UEFA. Selain itu, pada musim 2010-2011 Ia dipercaya menjadi kapten tim Schalke 04 pada pergelaran Liga Champions. Menariknya, kala itu tim yg berhasil lolos hingga fase semifinal Liga Champions sebelumnya akhirnya kalah. Prestasi tersebut membuat banyak klub besar melirik namanya.

Salah satu yang tertarik dengan permainan Neuer adalah klub raksasa Bayern Munchen. Benar saja, Ia dan Bayern Munchen telah menjalin kerjasama untuk melakukan kontrak. Pada tanggal 1 Juni 2011, Bayern Munchen membeli Neuer dengan harga 22 juta euro. Nominal tersebut membawa namanya menjadi kiper termahal kedua kala itu.

Bersama Bayern Munchen, permainannya semakin spektakuler. Berbagai kejuaraan telah Ia raih bersama Bayern Munchen sepanjang musim. Tercatat, 7 Trophy Bundesliga, 3 Trofi DFB-Pokal, 2 Trophy DFL-Supercup, 2 Trophäe UEFA Champions League, 1 Trophy UEFA Super Cup dan 1 Trofi FIFA Club World Cup telah Didapatkan bersama Bayern Munchen.

Selain prestasi klub, Ia bersama Timnas Jerman juga bermain secara gemilang. 2014 menjadi tahun yang membanggakan bagi Jerman. Jerman yang kala itu diperkuat oleh Neuer berhasil meraih kemenangan FIFA World Cup. Pencapaian itu sangat sulit didapat oleh pemain-pemain lain.

Demikian penjelasan seputar Profil Manuel Neuer yang sangat menarik untuk dibahas. Beberapa kejuaraan telah Ia raih sepanjang karirnya. Namun, bersama Bayern Munchen lah Ia berhasil menemukan masa kejayaan. Semoga pembahasan kali ini bermanfaat. Sekian dan terimakasih.

About the author: admin

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *